23 Februari 2012

SITUS GUA SILUMBU, DESA KALIGLAGAH, KEMIRI

Gua ini berada di Desa Kaliglagah Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Desa Kaliglagah berada sekitar 5 kilometer dari pusat Kecamatan Kemiri.
Gua terbuat dari batu andesit. Terbentuk dari batu besar yang terletak di lereng pegunungan. Diperkirakan situs ini dibangun pada sekitar abad 8 Masehi (pada masa Hindu). Situs ini berada ketinggian 120 m dpl (dari permukaan laut) dan berfungsi sebagai tempat pemujaan pada masa itu.
Gua terdiri dari dua buah pintu masuk, terdapat satu buah lingga yoni yang menyatu namun lingganya sudah pecah dan terdapat sebuah fragmen lingga. Juga terdapat tempat duduk dari batu yang berada pada sisi kiri dan kanan gua sebelah dalam. Lingga yoni pada gua ini terbuat dari batu andesit, bentuknya sederhana tanpa hiasan.

Dokumentasi : Widiharto

11 komentar:

  1. Nice Post... (y)
    ijin copy ya.. untuk aku post di blogku http://7ruh.com

    BalasHapus
  2. mudah2an tempat ini menjadi tempat yang bermanfaat untuk kebaikan atau hal2 yang baik....

    BalasHapus
  3. mudah2an ini aman ut kunjungan wisatawan.

    BalasHapus
  4. ada yang lebih menarik sungai menuju ke tempat gua silumbu menarik lho. mohon fotonya di upload dong...

    BalasHapus
  5. Masih banyak cerita tentang goa silumbu dan silawang...di desa kaliglagah

    BalasHapus
  6. Masih banyak cerita tentang goa silumbu dan silawang...di desa kaliglagah

    BalasHapus
  7. Perlu dan patut di kaji ulang sejarah secara runtut
    Sy bangga dgn desa kaliglagah

    BalasHapus
  8. Yang menarik lagi kala itu angguk putri kali Glagah di era darini THN 80 and

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah.. Penari yang masih saya ingat waktu itu mereka adalah: Sarilah, Riani dan Mur..

      Hapus