02 Mei 2013

GAGAK HANDOKO


Areal Makam Gagak Handoko
Gagak Handoko merupakan Adipati Loano paling akhir wafat tahun 1836 dan merupakan senopati/prajuritnya Pangeran Diponegoro. Pada masa perang Diponegoro, berbagai tempat di daerah perbukitan Menoreh dijadikan ajang pertempuran. Semula perlawanan Pangeran Diponegoro terhadap kolonial Belanda terbatas hanya di sekitar Tegalrejo Yogyakarta. Perang ini dimulai tanggal 20 Juli 1825. Pada babak pertama perlawanan pasukan DIponegoro berada di sekitar Yogya dan sekitarnya terutama Delanggu, Klaten, Kartosuro yang berlangsung antara tahun 1825-1826. Pertempuran akhirnya melebar ke wilayah barat yaitu disekitar Magelang khususnya di wilayah Menoreh pada tanggal 1 Januari 1827, sehingga sejak 1827 kawasan Menoreh menjadi daerah perlawanan pasukan Diponegoro. Perlawanapara pengikut semakin meluas sampai Purworejo dan Kebumen.
Makam Gagak Handoko berada dalam areal yang cukup luas dan bercampur dengan makam kerabatnya. Areal makam diberi cungkup yang di dalam cungkup makam, nisannya terbuat dari kayu jati dan terdapat inskripsi Jawa. Berdasarkan inskripsi yang ada menunjukkan nama orang yang dimakamkan, apabila diurutkan dari barat makam, nama orang yang dimakamkan adalah Kromodimuryo, Gagak Mitir, Nyai Gagak Mitir. Kemudian yang berada di tengah adalah Kyai Gagak Handoko yang ditutupi kain mori putih. Kemudian disebelahnya adalah para prajurit wanita yaitu Nyai Wedowati, Nyai Wilosrobo, Nyai Kililusi serta 2 (dua) makam tanpa nama.

Naskah : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Foto : Widiharto

66 komentar:

  1. mas agung .. apa punya silsilah angkurat agung hingga gagak pranolo ?

    BalasHapus
  2. Setiap silsilah pasti akan terpecah mas agung, saya juga ada silsilah yang sampai gagak pranolo bagelen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh di share Pak, silsilah yang Jenengan punya ?

      Hapus
    2. Saya mendapat kabar cerita dr sesepuh. .Apa benar keturunan senopati gagak handoko ada yg namanya citro dan dimakamkan di gunungpring.... Selama ini kami masih terputus sampai ke bani citro saja kalau halalbilhalal.. .Mohon informasi nya

      Hapus
  3. Assalamualaikum punya silsilah Gagak Parnolo, putra beliau yg dapat anak BPH. teposono bin HB 3 jogja. di dalem silsilah RM. Cokro Suto / KH. Abu Bakar Gunung Tugel krasak melaran Bin RA. Kerto Menggolo Bint RA. Gagak Pranolo Bint BPH. teposono. yg saya tanyakan mungkin perso jenengan Nama asli RA. Gagak Pranolo nuwon Wassalam saya di jogja dengan alamat : Annisa Rahma Computer Spesialis Laptop / Part laptop - Print - Cpu on 5 pagi - 9 malem Telp 081327395299 / WA. Telp 081 931 776 636.Fecebook ;deni.surahman.921. Goggle + : deni surahman,AM.d Wibsite : arcblognew.blogspot.com. salam persaudraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallaikum salam...saya ada silsilah keturunan gagak pranolo tolong dong ser keturunan gagak pranolo

      Hapus
  4. Assalamualaikum...
    Mas saya mau tanya makam eyang Gagak handoko itu di daerah mana tepatnya ya...

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum...
    Mas saya mau tanya makam eyang Gagak handoko itu di daerah mana tepatnya ya...

    BalasHapus
  6. Mas, saya punya silsilah Gagak Handoko. Dan saya termasuk keturunan beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibantu share silsilahnya mas Agung Prie, apa betul Ada keturunan yg di makamkan di gunungpring muntilan magelang yg namanya dikenal dengan citro dan di catat dalam silsilah bani citro

      Hapus
    2. Boleh dishare mas silsilahnya ke
      ratnadwihastuti44@gmail.com
      Trmksh

      Hapus
    3. Mas agung prie apa bisa konsul beberapa hal?

      Hapus
  7. Mas, saya punya silsilah Gagak Handoko. Dan saya termasuk keturunan beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini wa sy mas 085655548420. Pengen th lbh ttg bliau

      Hapus
    2. Mas bisa minta silsilahnya Gagak Handaka. Katanya keluarga saya masih keturunan beliau. Minta tolong ya mas. Ini WA saya 085867523002. Mksh banyak mas
      Saya tunggu.

      Hapus
    3. Saya juga sedang menelusuri jejak nenek Moyang kami.. Bisa saling informasi mas Iwan, saya trisila sr gunungpring muntilan ini wa dan email. Saya. 081392193618 trisilajuwantara@gmail.com

      Hapus
    4. Mas saya masih keturunan Gagak Handoko lalu turun ke mbah Kartodimejo lalu turunlagi ke Haji maskur saya keturunan yang di bagian banyumas barat klo ada yg punya diagram silsilahnya minta tolong diagramnya di bagi ke saya shiobby@yahoo.co.id , terimakasih 🙏🏻

      Hapus
    5. Mohon klo berkenan saya minta diagram dari Eyang Buyut Gagak Handoko🙏🏻, terimakasih. Email:
      shiobby@yahoo.co.id atau shiobby1@gmail.com

      Hapus
    6. Mas boleh minta daftar silsilah keturunan Adipati Gagak Handoko 🙏 nuwun..

      Hapus
  8. Saya dapet silsilah kalo saya keturunan gagak handoko.. tapi untuk membuktikan ke aslian silsilah tsb gimana ya

    BalasHapus
  9. Mas saya juga keturunannya Gagak Handoko, tetapi sekarang jadi Prof

    BalasHapus
  10. Sama om,saya jg masih keturunan gagak handoko

    BalasHapus
  11. Saya baru saja di beritahu oleh dua orang, salah satunya adalah anak mantu dari yang suka bersih2 makamny Raden Gagak Handoko. Menanyakan siapakah Raden Gagak Handoko yang dimakamkan di wilayah kecamatan Dukun, kab, Magelang. Karena saya belum pernah dengar maka saya buka internet ini, tapi apakah nama Raden Gagak Handoko ada yang di Loano dan ada yang diwilayah kecaatan Dukun kab. Magelang ? Dikatakan pula bahwa Raden Gagak Handoko yang dimakamkan di wilayah Kec. Dukun ramai dikunjungi orang. Nah..gimana nie ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang2 terdahulu membangun makam gagak handoko untuk menghormatinya maka dari itu saudara2ku jangan sampai salah niat meminta minta di makam

      Hapus
  12. Bukankah nama asli Eyang gagak hansoko itu Nur Rohmat

    BalasHapus
  13. Memangnya kalau benar keturunan gagak handoko kenapa? Apakah berguna?

    BalasHapus
  14. Apakah mbah gagak Handoko dengan mbah gagak Loano sama atau Berbeda ?
    Dan jika benar,adakah trah beliau yang bernama mbah Haji Ibrahim yang makamnya di kecamatan Bruno ? Mohon pencerahannya kepada semua. Konon katanya beliau memiliki kuda hitam yang bisa terbang menurut cerita mbah putri yang masih hidup saat ini.�� ini sy lampirkan no. Wa sy 082248932679 saya masih tugas di timika Papua saat ini. Mksh sebelumnya. ������������

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ini Haji ali ibrahim yg di maksud?

      Hapus
    2. saya juga lg cari data silsilah Haji ali ibrahim dari desa bringin purworejo..kalo ada bisa kontak ke WA 087778702072

      Hapus
  15. keluarga kami masih ada silsilah gagak handoko..kami tinggal di tempuran magelang

    BalasHapus
  16. Mohon infone donk,saya masih keturunan trah mbh gagak gumitir,,,,biar bisa nyambung tali silaturahmi 082242911731

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Saya masih silsilah keturunan gagak Handoko, Susuhunan Jogja II. Dan Keturunan gagak Handoko menikah dengan keturunan sunan Ampel. Saya sedang menelusuri silsilah yang tertulis di keluarga kakek buyut kami. Apakah ada yang memiliki silsilah gagak Handoko untuk kami cocokan dengan silsilah yang kami miliki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas boleh share catatan silsilah yg njenengan punya ke
      u2ttemanggung@gmail.com
      Kalo berkenan share njeh mas..

      Hapus
    2. Saya juga sedang mencari jalur ini apa bisa salah bantu?

      Hapus
  19. Saya punya leluluhu R mangun atmojo nak kakak pertamy kan pangeran gagak handoko boleh share silsilah den mas...

    BalasHapus
  20. Aslk,Mohon kiranya dibagi silsilah keturunan Gagak Handoko, kata orang tua saya masih keturunan Eyang Gagak Handoko nama kakek saya Atmo pawiro, dulu kakek dan buyut saya transmigran pertama diLampung yaitu didesa Bagelen, sekali mohon infonya terutama mas Agung Pranolo . . nuwun

    BalasHapus
  21. Aslk, utk Mas Agung Prie? tlg donk saya dibantu sisilah Eyang Gagak Handoko, ini WA sy 0812 73421845 , matur nuwun sblmnya

    BalasHapus
  22. Aslk, utk Mas Agung Prei ? tolong donk saya dibagi sisilah Eyang Gagak Handoko,ini WA saya 081273421845 trims sblmnya

    BalasHapus
  23. Salam lur
    -#######
    - Bray Danurejo
    -Rng kerto manggolo(RT Nilasrobo
    -RT kertoyodo
    -RT gagak hamdoko
    -Ky mandhajaya (dijogja dan sekitarnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek mas edi,,,apakah luhurmu dari desa bakurejo,kec.grabag.kab.purworejo bukan.soalnys nenek buyut saya ada yang pergi ke Lampung,,dia punya anak dua,satu laki dan perempuan,,yang perempuan namanya siti,,

      Hapus
    2. Maaf pak, lok boleh tau makam Ky Mandhajaya dimana ya?

      Hapus
  24. Ass mas/pak..
    katanya sy jg masih keturunan eyang gagak handoko & sy pernah ziaroh ke makam nya. Bagi yg tau Tlg dong info nya silsilah keturunan dari eyang gagak handoko set ke nanangwolezz@gmail.com. buat nyambung silaturahmi..

    BalasHapus
  25. Adakah keturunan mbah lurah loano di sini RM sutowijoyo kalau tdk salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali mas..
      Boleh nanya, kalo eyang Sutowijoyo berputra berapa dan siapa saja.

      Hapus
    2. Maaf mas kalau keturunan eyang Sutowijoyo saya tdak tahu,tapi mas datang saja ke loano trah dari mbah lurah Sutowijoyo masih sangat jelas di sana,
      Kalau tidak salah mbah lurah punya 4 saudara,1 merantau ke jawa barat,ke 2 mbah lurah sutowijoyo,ke 3 buyut saya Rm Atmo pawiro sonto,ke 4 Rm Kayun Sawirono.

      Hapus
    3. Menurut yang saya dapat dari keluarga mbah buyut saya Rm Admo prawito sonto adik dari mbah lurah RM Sutowijoyo siapa tahu ada info yg bisa membantu ketemu leluhur dari purworejo bisa lewat
      d.handokoputro@gmail.com matur nuwun salam rahayu

      Hapus
  26. 081348440002

    nama nenek saya joyo mojo n nama lelluhur sesuai cerita nenek saya bernama gagak handoko.

    BalasHapus
  27. *Pasangan R. TIRTO HANDOKO (Raden Markam Tirto Handoko) dan ICIH MURSIDAH punya enam orang anak.*

    1. *R. Kasdi Sastro Handoko*
    2. *R. Amiruddin Suryo*
    *Handoko*
    3. *R. Mahmudi Puspo*
    *Handoko*
    4. *R. Ngt. Sapurah*
    5. *R. Ngt. Suryaning*
    6. *R. Ngt. Suryanti*

    *Andai semua putra dan putri serta cucu-cucu dari keenam putra-putri R Tirto Handoko dan Icih Mursidah tersebut ada di grup ini,jika ada yang punya silsilah eyang gagak Handoko bantu email ke panjat_bks@yahoo.co.id terima kasih

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum..nama saya Suroto mas dari kota jambi ,bpk saya bilang saya masih keturunan raden gagak handoko,nama Mbah Putri dari bpk saya musinah binti kromoduryo asal desa lowano purworejo kec .kaligesing mohon infonya mas sisilah kalu ada ni no wa saya 085384312398.

    BalasHapus
  29. kalau makam bendo tambak rejo trah sapa ya. mbah putri saya cerita kalau masih kerabat gagak pranolo

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah ketemu sedulur. Saya domisili di cilacap. Kalau dalam catatan silsilah keluarga saya keturunan ke-7 R.Gagak Handoko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampeyam Dalem Ingkeng Sinuhun :
      Kangjeng Susuhunan
      Prabu Mangkurat HAGUNG
      Ing Mataram

      Hapus
    2. nyuwun catatan silsilah mas..

      Hapus
  31. Assalamualaikum...
    Alhamdulillah, Keturunan ke-7 Atas Nama Siapa ya ?
    Semoga informasinya dapat menyatukan tali silaturahmi...
    Terima Kasih,

    BalasHapus
  32. Mas anonim mohon infonya silsilah sampean saya keturuna ke 7 juga ..tp belum tau sebenarnya .saya dari purworejo .kota

    BalasHapus
  33. Dusun saya di kediri namanya dusun mloko dulu ceritanya yg mbabat tanah sini buyut gagak handoko dan ketika pecah perang Diponegoro beliau kmbali ke jawa tengah dan ikut perang, dan beliau punya anak dua yg satu namanya mbah kasan munawi yg disuruh mencari tanah yg ditandai boto putih dan disuruh mendirikan dusun disini.nama saya muhammad misbahul huda kturunan dari mbah kasani anak dari buyut gagak handoko, katanya org yg tau sjarah dusun ini

    BalasHapus
  34. Mohon kasih tau apa benaar bliau punya kturunan yg disuruh nerusi desa simi, yg namanya mbah kasan munawi

    BalasHapus
  35. Raden Bagus Sesuruh , Peputra
    1. Prabu Brawijaya
    2. Ratu Mas Rarakelar

    Ratu Mas Rarakelar, Peputra
    1. Raden Bagus Gagak Pernala
    2. Raden Bagus Gagak Handaka
    Djeneng Raden Bagus Wirasetya

    Raden Bagus Wirasetya, Peputra
    Raden Bagus Singalodra

    Raden Bagus Singalodra, Peputra
    1. Raden Bagus Wangsanegara
    2. Raden Bagus Wangsayuda
    3. Raden Bagus Wiralodra
    4.Raden Bagus Tanujiwa
    5. Raden Bagus Tanujaya

    Saya menemukan silsilah ini, mohon pencerahannya bila ada salah

    BalasHapus
  36. senang sekali membacanya..saya juga dapet cerita dari kakek saya,mbah buyut wongso ngrangkah sepawon ..mbah dipo..naik terus keatas ke trah gagak.smoga smua sehat selalu

    BalasHapus
  37. Ada yg tau anak keturunan eyang sindip?

    BalasHapus
  38. Saya cucu mbah glondong Iskak Loano. Ayah saya. Raden Sugiarto.
    Saya dibesarkan oleh keluarga lain. Baru tahu setelah dewasa dari Almarhum Raden Suwito Sunarko. Dan saudara di solo.
    Bisa tolong pencerahannya. Ada silsilah ke gagak handoko kah, karna saat saya ketemu keluarga, Buku silsilahnya sengaja dibakar oleh adik saya.

    BalasHapus
  39. Amit 2,perkenalkan saya :sahari(Ki hari dharmowijoyo,dalang ndeso brbdr),bahwa menurut sodara saya,masih keturunan eyang gagak Handoko ke 11. Ramak saya Seto Darmo _simbah/eyang kiai ah
    Mad rupingi/sridin orang sambak kajoran bilang ndoro Wongso,bgt bila brkunjung ke sambak,dulu nunggang kuda. Saudara di brbdr mengajukan surat kekancingan di kraton.tetapi ramak saya blm minat,dikarenakan fktr ekonomi(1970 an).kiranya saya cs mau bergabung ke trah/sodara gagak cs begitu,,,semoga ada kelonggaran di hati saudaraku,,,,, Rahayu Sagung dumadi(Borobudur)

    BalasHapus