02 Mei 2013

GAGAK HANDOKO


Areal Makam Gagak Handoko
Gagak Handoko merupakan Adipati Loano paling akhir wafat tahun 1836 dan merupakan senopati/prajuritnya Pangeran Diponegoro. Pada masa perang Diponegoro, berbagai tempat di daerah perbukitan Menoreh dijadikan ajang pertempuran. Semula perlawanan Pangeran Diponegoro terhadap kolonial Belanda terbatas hanya di sekitar Tegalrejo Yogyakarta. Perang ini dimulai tanggal 20 Juli 1825. Pada babak pertama perlawanan pasukan DIponegoro berada di sekitar Yogya dan sekitarnya terutama Delanggu, Klaten, Kartosuro yang berlangsung antara tahun 1825-1826. Pertempuran akhirnya melebar ke wilayah barat yaitu disekitar Magelang khususnya di wilayah Menoreh pada tanggal 1 Januari 1827, sehingga sejak 1827 kawasan Menoreh menjadi daerah perlawanan pasukan Diponegoro. Perlawanapara pengikut semakin meluas sampai Purworejo dan Kebumen.
Makam Gagak Handoko berada dalam areal yang cukup luas dan bercampur dengan makam kerabatnya. Areal makam diberi cungkup yang di dalam cungkup makam, nisannya terbuat dari kayu jati dan terdapat inskripsi Jawa. Berdasarkan inskripsi yang ada menunjukkan nama orang yang dimakamkan, apabila diurutkan dari barat makam, nama orang yang dimakamkan adalah Kromodimuryo, Gagak Mitir, Nyai Gagak Mitir. Kemudian yang berada di tengah adalah Kyai Gagak Handoko yang ditutupi kain mori putih. Kemudian disebelahnya adalah para prajurit wanita yaitu Nyai Wedowati, Nyai Wilosrobo, Nyai Kililusi serta 2 (dua) makam tanpa nama.

Naskah : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Foto : Widiharto

11 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin menyimak gan, dari kami pengrajinj jaket kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
  2. mas agung .. apa punya silsilah angkurat agung hingga gagak pranolo ?

    BalasHapus
  3. Setiap silsilah pasti akan terpecah mas agung, saya juga ada silsilah yang sampai gagak pranolo bagelen.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum punya silsilah Gagak Parnolo, putra beliau yg dapat anak BPH. teposono bin HB 3 jogja. di dalem silsilah RM. Cokro Suto / KH. Abu Bakar Gunung Tugel krasak melaran Bin RA. Kerto Menggolo Bint RA. Gagak Pranolo Bint BPH. teposono. yg saya tanyakan mungkin perso jenengan Nama asli RA. Gagak Pranolo nuwon Wassalam saya di jogja dengan alamat : Annisa Rahma Computer Spesialis Laptop / Part laptop - Print - Cpu on 5 pagi - 9 malem Telp 081327395299 / WA. Telp 081 931 776 636.Fecebook ;deni.surahman.921. Goggle + : deni surahman,AM.d Wibsite : arcblognew.blogspot.com. salam persaudraan.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum...
    Mas saya mau tanya makam eyang Gagak handoko itu di daerah mana tepatnya ya...

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum...
    Mas saya mau tanya makam eyang Gagak handoko itu di daerah mana tepatnya ya...

    BalasHapus
  7. Mas, saya punya silsilah Gagak Handoko. Dan saya termasuk keturunan beliau

    BalasHapus
  8. Mas, saya punya silsilah Gagak Handoko. Dan saya termasuk keturunan beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini wa sy mas 085655548420. Pengen th lbh ttg bliau

      Hapus