12 Juni 2011

DOLALAK KABUPATEN PURWOREJO BERLAGA KE TINGKAT NASIONAL


Tim Kesenian Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB-PP) Kabupaten Purworejo menjuarai Lomba Tari yang mengusung nuansa penyuluhan Keluarga Berencana dengan nama kegiatan Lomba Tari “Komunikasi Informasi Edukasi Keluarga Berencana (KIE-KB) Melalui Seni Budaya Tradisional” tingkat Propinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh BKKBN Propinsi Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 11 Juni 2011 dengan mengambil tempat di Taman Budaya Raden Saleh Semarang.
Tim Kesenian KB-PP Kab. Purworejo
Kabupaten Purworejo maju ke tingkat Propinsi bersama dengan Kabupaten Magelang yang sama-sama mewakili Bakorwil II Surakarta. Jumlah penampil dalam event ini adalah 6 (enam) grup, mewakili 3 (tiga) Bakorwil. Bakorwil I diwakili oleh Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal, Bakorwil II diwakili oleh Kabupaten Purworejo dan Magelang sedangkan Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara mewakili Bakorwil III.
Tim Purworejo terdiri pengrawit dan penari semuanya berusia remaja sejumlah 10 (sepuluh) anak dibina oleh sanggar tari Prigel, membawakan tarian khas milik Kabupaten Purworejo Dolalak dengan koreografi dan tata musik yang memukau penonton serta dewan juri. Tampilan yang memiliki durasi 13 menit lebih sedikit ini menyelipkan pesan penyuluhan KB seperti usia nikah yang ideal, pengenalan alat kontrasepsi dan  kesejahteraan keluarga dengan balutan tari dan musik Dolalak.
Ketika usai kegiatan dan pengumuman hasil penilaian dewan juri disampaikan oleh Yoyok Priyambodo (ketua dewan yuri), pecah kegembiraan Tim Purworejo dengan diumumkannya Kabupaten Purworejo sebagai Penampil Terbaik I. Dengan demikian berhak mewakili Propinsi Jawa Tengah untuk berlaga di event serupa pada tingkat Nasional yang rencana akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada tanggal 24 Juni 2011 selama 3 (tiga) hari. Berturut-turut dibawah ini penampil terbaik I hingga VI adalah : Kab. Purworejo, Kab. Kendal, Kab Purbalingga, Kab. Magelang, Kab. Banjarnegara dan Kab. Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar