05 November 2011

PEMUGARAN SDN PURWOREJO













HISTORIS - ARKEOLOGIS
SDN Purworejo pada masa Belanda dulu bernama Gouvernement Europesche Lagere School, didirikan pada tahun 1848. Sekolah ini merupakan sekolah rendah yang diperuntukkan bagi anak-anak orang Eropa. Pada perkembangan selanjutnya, tahun 1852, sekolah ini diubah menjadi sekolah untuk anak-anak pribumi (Hollands Inlandsche School). Kurikulum yang diajarkan untuk anak-anak pribumi antara lain membaca dan menulis jawa, berhitung, ilmu bumi, dan ilmu ukur. Inlandsche School mengalami pasang surut seiring kebijakan pemerintah kolonial Belanda, yang dilanjutkan dengan perang kemerdekaan sehingga kemudian berganti nama menjadi Sekolah Rakyat Kontrolieren (baca: Kontroliran). Sekolah ini merupakan percontohan dan sekolah kendali mutu pada waktu itu. Dalam perjalanannya, terkait animo masyarakat yang sangat tinggi untuk menyekolahkan anaknya, sekolah ini dipecah menjadi dua, yaitu SDN Kontroliran dan SDN Purworejo. Sesuai dengan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Tengah No. 421.2/035/I/57/85 SDN Kontroliran diganti namanya menjadi SDN Purworejo II. Kemudian sejak tahun pelajaran 2003/2004 dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo No. 188.4/5705/2003, SDN Purworejo I dan SDN Purworejo II digabung menjadi satu dengan nama SDN Purworejo (_, 2008: 1). Bangunan lama yang ada di SDN Purworejo terdiri dari bangunan induk (lima ruang kelas dan gudang), doorloop, kamar mandi/WC dan aula. Beberapa ciri kolonial yang masih tampak pada bangunan induk antara lain pada pintu, jendela, dan langit-langit yang cukup tinggi, serta lantai bangunan yang terbuat dari granit hitam. Sedangkan bangunan barunya terdiri dari ruang guru, ruang kelas pada sisi selatan, timur dan utara), perpustakaan, musholla, ruang ketrampilan, bimbingan dan penyuluhan, ruang UKS, rumah dinas penjaga sekolah, ruang gugus depan dan kamar mandi/WC baru. Bangunan SDN Purworejo telah masuk dalam daftar inventarisasi benda cagar budaya tidak bergerak Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah dengan No. Inv. 11-06/Pwo/TB/41. Saat ini tengah dalam proses pengajuan SK Menteri Kebudayaan dan Pariwisata nomor 619/101.SP/BP3/P-III/2010 tanggal 31 Maret 2010.
NILAI PENTING
SDN Purworejo mempunyai nilai penting dalam menelusuri sejarah pendidikan khususnya di wilayah Purworejo. Sekolah ini dulu merupakan sekolah rendah yang diperuntukkan bagi anak-anak orang Eropa yang pada perkembangan selanjutnya diubah menjadi sekolah untuk anak-anak pribumi. Adanya sekolah mengindikasikan bahwa sejak jaman pemerintahan colonial Belanda telah ada pemenuhan kebutuhan pendidikan di Purworejo.
Kegiatan BP3 Jawa Tengah di SDN Purworejo :
1. Studi Teknis Arkeologis SDN Purworejo pada tahun 2009
2. Pemugaran SDN Purworejo tahun 2011



Sumber :
Website Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah (http://purbakalajawatengah.org/)

Foto : Eko Riyanto

11 komentar:

  1. Sdn purworejo adalah sd favorit

    BalasHapus
  2. alhamdulilah...kami dari staf di SDN Purworejo. begini SDN Purworejo sekarang sudah menjadi RSBI, jadi banyak sekali kekurangan ruangan yang kami perlukan. kami memerlukan SK tentang cagar budaya yang menunjukkan SDN Purworejo merupakan cagar budaya di Kab. Purworejo dan gedung mana saja yang boleh atau tidak boleh direhab. karena itu akan menjadi acuan kami dalam rehab gedung nantinya. karena itu kami mohon saran bagaimana kami mendapat SK tersebut. mohon admin apabila mengetahui harap hubungi kami melalui email ; sd_negeri_purworejo@yahoo.co.id
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya ke blog sederhana kami. menurut informasi yang kami dapatkan, akan dibuat dokumen itu pada tahun 2014 mendatang. terdapat beberapa gedung bersejarah yang akan dibuat dokumen penetapannya sebagai cagar budaya. mungkin belum mencakup semua. semoga prosesnya dapat berjalan sesuai harapan kita semua. amin.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. koreksi :
    * saat SD ini dipecah menjadi 2, namanya SDN Purworejo (tanpa embel-embel I) dan SDN Kontroliran
    * baru tahun 1985 berubah namanya menjadi SDN Purworejo I (eks SDN Purworejo) dan SDN Purworejo II (eks SDN Kontroliran)
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya akan kami tindaklanjuti dengan mengecek kebenarannya. jika itu benar maka artikel akan kami perbaiki. salam hangat.

      Hapus
  5. Sebaiknya historis arkelogis SDN Purworejo ini bisa dicetak pada banner dan dipigura kemudian ditempel di dinding teras depan, agar murid-murid dan orang tua murid juga masyarakat umum pecinta sejarah bisa mengetahui sejarah perjalanan SD ini, mengingat SDN Purworejo termasuk bangunan heritage.

    Salam,
    (murid SDN Kontroliran 1981-1986)

    BalasHapus
  6. Dulu di sekeliling halaman SD dinaungi pepohonan akasia yang rindang. Apakah sekarang masih ada?
    (Nostalgia SD Purworejo 1983-1990)

    BalasHapus
  7. sekolahan ku dulu 37 th yg lalu bantu dong data angkatan 1979 aku butuh
    terima kasih

    BalasHapus