07 November 2014

GEDUNG SEKRETARIAT DAERAH (DULU : KANTOOR OTONOOM / KANTOR BESAR)

Gedung Setda Tahun 2014
Gedung Setda tahun 1950an
Pada masa kolonial, setelah berakhirnya perang Diponegoro pada tahun 1830, Kadipaten Bagelen dilepas dari kekuasaan kerajaan oleh VOC dan dijadikan daerah kekuasaan Pemerintah Hindia Belanda dengan status “GEWEST” atau “RESIDENTIE” (Karesidenan), dan sejak itu menjadi kota yang bersifat administrative. Sejak tahun 1830 hingga akhir Juli 1901 Kadipaten Bagelen masih berstatus sebagai Gewest atau residentie (karesidenan) dengan ibukota Purworejo.
Pada tahun 1928 daerah Jawa Tengah diangkat seorang Gubernur yang pertama yaitu P.J. Van Gulik dan daerah Jateng disebut Provincie Midden Java (Propinsi Jawa Tengah). Daerah-daerah yang dikuasainya yaitu daerah Karesidenan (Gewest) diubah menjadi lebih kecil, tetapi jumlah karesidenan diperbanyak. Daerah yang setingkat lebih kecil daripada Karesidenan (Residentie/Gewest) kemudian disebut Regenscap (Kabupaten). Kota Purworejo disamping berstatus sebagai ibukota Gewest Bagelen yang kemudian menjadi Afdeling Bagelen, juga merupakan afdeling lama yaitu Bestut Afdeling Purworejo diubah menjadi Kabupaten Purworejo.
Menurut latar belakang sejarah situasi politik pada masa itu, bahwa konsep kepemimpinan mempunyai latar belakang yang sama-sama mempunyai kepentingan legitimasi yaitu kepentingan kerajaan atau kepentingan kolonial. Hal ini menjadi pergeseran pada konsep pola tata kota yang dikembangkan kerajaan.. Pertimbangannya, jika penguasa di selatan arah hadapnya di selatan maka Bupati di pesisir utara menghadap ke utara.
Untuk kediaman penguasa kolonial diselatan menyesuaikan pola tata kota yang dibuat oleh penguasa tradisional, sedangkan pesisir utara penguasa tradisional menyesuaikan legitimasi penguasa kolonial.

Gedung Setda Kabupaten Purworejo dahulu di pakai sebagai rumah residen yang dibangun kurang lebih antara tahun 1893 – 1930 an. Rumah Residen ini terletak di sebelah selatan alun-alun sedangkan Pendopo Kabupaten terletak di sebelah utara alun-alun dan menghadap ke selatan.

Sumber : Bidang Kebudayaan Dinas Dikbudpora Kab. Purworejo
Foto : Koleksi Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar