29 Juli 2010

BINTEK BUDAYA WAYANG



Banyak yang tidak menyadari bahwa wayang memiliki kandungan nilai ajaran tata krama, kehidupan yang sangat tinggi. Kalaupun ada yang menyadari, masih sulit untuk mencari jalan dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berawal dari keprihatinan akan perlunya penerapan tata krama dan pelajaran kehidupan yang semakin lama semakin ditinggalkan, Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo pada tanggal 27 dan 28 Juli 2010 mengadakan kegiatan Bintek Budaya Wayang dengan mengambil tempat di Gedung Wanita Achmad Yani.

Kegiatan diikuti oleh 87 (delapan puluh tujuh) orang peserta. Yang terdiri dari wakil dari Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pembukaan kegiatan diawali dengan laporan dari Kepala Bidang Kebudayaan Drs. H. Ery Prayitno, MM yang menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah :

1. Melestarikan budaya bangsa khususnya wayang yang saat ini sangat dibutuhkan bagi pembentukan karakter siswa pada umumnya.

2. Membangkitkan semangat cinta budaya bangsa melalui pembelajaran bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya dan khususnya pada para peserta didik.

3. Sebagai wahana pengembangan seni budaya.

Berkenan membuka kegiatan adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Drs. Bambang Aryawan, MM yang menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut dan mengharapkan agar para peserta dapat menyerap materi dengan baik dan mampu mengaplikasikannya dalam memberikan pengertian budi pekerti.

Dalam kegiatan ini pemateri yang dihadirkan adalah diantaranya :

1. Martono (praktisi seni) membawakan materi Manusia Jawa dan Wayang serta Sejarah Wayang.

2. Mudji Waluyo, SPd. (Guru SMA N I dan Praktisi seni) membawakan materi Wayang dan Karakteristik Tokok-tokoh Wayang.

3. Suripto Wardani, S.Kar. (Praktisi seni) membawakan materi Wayang dan Seni Karawitan (Gamelan Jawa).

Yang cukup menarik pada kegiatan kali ini, sebelum pelaksanan penutupan ditampilkan pagelaran wayang dengan dalang wanita Diah Puspitaningrum, mahasiswi smester 6 (enam) Fakultas Bahasa Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kegiatan ini ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan memberikan apresiasi kepada para peserta dan memberikan pesan-pesan diantaranya agar dunia wayang betul-betul menjadi tata tingkah laku yang patut di cermati dan dapat menjadi bahan pembelajaran di sekolah. Agar kelak para murid mendapatkan pemahaman bahwa wayang memiliki nilai-nilai yang baik dan layak menjadi tuntunan. Selain itu dengan memahami karakter wayang maka akan didapat rasa cinta terhadap budaya negeri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar