25 November 2012

PARADE KESENIAN PURWOREJO 2012

Pada hari Kamis tanggal 8 Nopember 2012 bertempat di sepanjang Jalan dr. Setiabudi (depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo) diadakan Parade Kesenian 2012. Parade ini diikuti oleh 5 (lima) ex Kawedanan. dari ex Kawedanan Loano menampilkan Kesenian Topeng Ireng, ex Kawedanan Purworejo menampilkan kesenian Incling, dari ex Kawedanan Kutoarjo menampilkan kesenian Dolalak, dari ex Kawedanan Kemiri menampilkan Cingpoling dan dari ex kawedanan Purwodadi menampilkan kesenian Ganongan.
Kesenian Asli Kab. Purworejo
Cingpoling
Penampilan kegiatan ini merupakan kegiatan yang ikut menyemarakkan pelaksanaan Pekan Purworejo Expo 2012.
Parade dimulai dengan pidato dari Panitia Expo yang di wakili oleh Kabag. Kesra dan pemberangkatan dilaksanakan oleh Bupati Purworejo.Sebelum memberangkatkan, Bupati berpesan agar kegiatan seperti ini di laksanakan secara rutin, agar dapat dinikmati oleh masyarakat. Rute yang diambil adalah depan pendopo, (disini masing-masing Tim diberi kesempatan display di hadapan tamu undangan selama 3 menit) ke arah barat lalu belok kiri, perempatan Polres belok kiri dan mereka akan memainkan kesenian di lima titik yang berbeda di sekitar alun-alun sebelah selatan.
 
Ganongan
Tepat pukul 14.15 WIB setelah acara pelepasan selesai, tim yang pertama di berangkatkan oleh Bupati adalah kesenian Topeng Ireng, berturut-turut disusul oleh kesenian Dolalak, Cingpoling, Ganongan dan Incling. Dua kesenian yang sangat jarang di lihat dan diketahui oleh masyarakat luas adalah Ganongan dan Cingpoling. Ganongan meupakan kesenian yang mempergunakan media kuda kepang dan didominasi oleh pemain yang mempergunakan topeng. Kesenian ini berasal dari Kecamatan Bagelen. Sedangkan kesenian Cingpoling menjadi menarik karena kesenian ini memperlihatkan dua prajurit yang berlatih bertempur. Dengan gayanya yang khas, gerakan tari mereka menjadi sangat unik.
Incling

Pada pementasan di alun-alun, semua tim berkesempatan memainkan keseniannya hingga pukul 17.00 WIB.
Semoga di masa yang akan datang dapat kegiatan ini dapat terlaksana dengan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar