30 November 2010

WAGE RUDOLF SOEPRATMAN LAHIR DI PURWOREJO

Semula WR Soepratman dikenal lahir di Meester Cornelis Jatinegara, Jakarta, ini berdasar keterangan Roekiyem Soepratiyah Van Eldik (kakak WR Soepratman) kepada Matumona (penulis awal biografi WR Soepratman) yang dituliskan oleh adik tirinya Oerip Soepardjo. Namun kemudian hal tersebut diralat sendiri oleh Oerip Soepardjo bahwa “keterangan lahir yang benar adalah di desa Somongari”.

Sementara itu, dokumen kelahiran Wage Rudolf Soepratman di Jatinegara tidak pernah ditemukan bahkan di Arsip Nasional.

Kesaksian warga Desa Somongari (Amatrejo Kasum dan Martowijoyo Tepok) pada sidang Pengadilan Negeri Purworejo tahun 1978 menyatakan bahwa hari lahir WR Soepratman adalah hari Kamis Wage “ngarepke” Jumat Kliwon.

Penelitian Dwi Raharja (akrab dipanggil Kak Har) terhadap hari pasaran bahwa Kamis Wage tahun 1903 bertepatan dengan tanggal 19 Maret 1903 (bukan 9 Maret).

Hal ini kemudian menjadi bahasan serta kesimpulan Seminar Tempat dan Tanggal Lahir yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2006 di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Sidang Pengadilan Negeri Purworejo dengan keputusan No. 04/Pdt/P/2007/PN.Pwr. tgl 29 Maret 2007, menetapkan bahwa Wage Rudolf Soepratman lahir di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo pada tanggal 19 Maret 1903.

Sedangkan lokasi tempat lahirnya, telah di pugar pada tahun 2006 oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo dan yang menarik, tempat pendaman ari-ari beliau masih ada.

7 komentar:

  1. pak sy ambil infonya ....bagus smoga lebih meningkat Tanks

    BalasHapus
  2. bagus infonya moga selalu update

    BalasHapus
  3. ..maturnuwun sanget pak kagem nambah wawasan ....

    BalasHapus
  4. Jaman Kolonial Belanda,..melahirkan Pioner Pribumi, salah satunya WR Supratman,...ternyata angkatan Pelukis Raden Saleh Syarif Bustaman, juga ada Pelukis berasal dari Purworejo yang tinggal di Belanda yaitu JAN TOROOP, 1830
    ( baca Profil Jan Toroop, Wikipedia )

    BalasHapus
  5. Benar2 sejarah yg membanggakan sebagai org purworejo

    BalasHapus
  6. sebagai orang Purworejo ini sejarah yang membanggakan.....

    BalasHapus